Electronic Resource
Pengaruh Strategi Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Skripsi, Jurusan Ekonomi Syari’ah, Fakultas Agama Islam, Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo.
Untuk mencapai kesuksesan dan mendapat loyalitas pelanggan dalam berbisnis, suatu koperasi dapat meningkatkan penjualannya dengan menggunakan strategi pelayanan yang tepat serta untuk menciptakan kepuasan pelanggan. Begitu pula yang diterapkan oleh Koperasi Induk Wilayah Az-Zainiyah Pondok Pesantren Nurul Jadid. Strategi pelayanan sangat di perlukan agar koperasi ini mampu bersaing serta meningkatkan jumlah pelanggan. Adapun beberapa strategi dalam melayani pelanggan diantaranya: daya tanggap, bukti fisik, empati dan kehandalan.
Berdasarkan latar belakang diatas, maka peneliti mengambil suatu rumusan masalah yaitu: (1) adakah pengaruh strategi pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di Koperasi Induk Wilayah Az-zainiyah PP. Nurul Jadid,(2) seberapa besar pengaruh strategi pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di Koperasi Induk Wilayah Az-zainiyah PP. Nurul Jadid.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kausalitas dengan analisis deskriptif kuantitatif. Maka untuk memperoleh data yang berkaitan dengan permasalahan di atas, dalam skripsi ini penulis menggunakan metode dokumentasi, angket, wawancara dan survei dengan menggunakan skala likert dan metode penentuan sampel yang digunakan adalah cluster sampling. Pengolahan data dalam penelitian ini memanfaatkan aplikasi SPSS Versi 22 sebagai alat bantu dalam menyajikan (1) Statistik Deskriptif, (2) Uji asumsi Klasik, dan (3) Pengujian Hipotesis. Hipotesis ini di uji dengan analisis Regresi Linear Berganda (Multiple Linear Regression) disertai dengan pembahasan interpretasi non-statistik
Berdasarkan uji Regresi Linear Berganda, diperoleh hasil bahwa variabel Strategi Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan, hal ini dapat dilihat nilai derajat signifikansi yang lebih kecil dari nilai alpha atau constanta 0,05 atau 5%. Rinciannya adalah variabel Daya tanggap bernilai Sig = 0.003, variabel Bukti fisik bernilai Sig = 0.005, variabel Empati bernilai Sig = 0.002 dan variabel Kehandalan bernilai Sig = 0.000, semuanya
142801687 | 14 KIK p 678 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain