Perpustakaan Universitas Nurul Jadid Paiton-Probolinggo

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu
No image available for this title

Electronic Resource

Penerapan Baca Tulis al-Qur'an Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca al-Qur'an Peserta Didik Di Pusat Pendidikan Ilmu al-Qur'an Putri Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo

USWATUN HASANAH - Nama Orang;

Pada dasarnya, dalam suatu pembelajaran, dibutuhkan sebuah program yang tepat untuk menghasilkan pembelajaran yang efektif dan efisien. Begitu pula dengan belajar membaca Al-Qur’an. Yaitu penerapan baca tulis Al-Qur'an, adapun metode yang digunakan pembina Tahsin dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an peserta didik adalah dengan menerapkan metode ceramah, jibri dan demonstrasi.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui Penerapan Baca Tulis Al-Qur'an Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Peserta Didik Di Pusat Pendidikan Ilmu al-Qur’an Putri. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat Penerapan Baca Tulis Al-Qur'an Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Peserta Didik Di Pusat Pendidikan Ilmu al-Qur’an Putri.
Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah jenis penelitian kualitatif. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara kepada (Koordinator Tahsin, Pembina Tahsin, dan peserta didik Tahsin).
Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, penerapan baca tulis Al-Qur'an dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik Tahsin Pusat Pendidikan Ilmu Al-Qur’an Putri Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo menunjukkan hasil yang baik dengan menggunakan metode ceramah, metode jibril dan metode demonstrasi. Diantaranya juga menerapkan metode muraja’ah materi dan pemberian motivasi kepada peserta didik. Adapun faktor pendukung dalam penerapan baca tulis Al-Qur'an, yakni semangat yang tinggi dari peserta didik, keaktifan peserta didik dan pembelajaran yang menyenangkan, adapun faktor penghambat dalam penerapan baca tulis Al-Qur'an, yakni banyak peserta didik yang jenuh jika hanya menggunakan metode ceramah saja tanpa harus dipraktikkan, banyaknya peserta didik yang aktif di organisasi sekolah, kurangnya istiqomah dalam belajar mandiri dan kurangnya waktu dalam pembelajaran.


Ketersediaan
143306295Perpustakaan Universitas Nurul JadidTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
14 USW p 295
Penerbit
: ., 2018
Deskripsi Fisik
72hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
Kata kunci : BTQ, Kemampuan Membaca Al-Qur’an
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Universitas Nurul Jadid Paiton-Probolinggo
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik