Electronic Resource
Penerapan Baca Tulis al-Qur'an Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca al-Qur'an Peserta Didik Di Pusat Pendidikan Ilmu al-Qur'an Putri Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo
Pada dasarnya, dalam suatu pembelajaran, dibutuhkan sebuah program yang tepat untuk menghasilkan pembelajaran yang efektif dan efisien. Begitu pula dengan belajar membaca Al-Qur’an. Yaitu penerapan baca tulis Al-Qur'an, adapun metode yang digunakan pembina Tahsin dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an peserta didik adalah dengan menerapkan metode ceramah, jibri dan demonstrasi.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui Penerapan Baca Tulis Al-Qur'an Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Peserta Didik Di Pusat Pendidikan Ilmu al-Qur’an Putri. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat Penerapan Baca Tulis Al-Qur'an Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Peserta Didik Di Pusat Pendidikan Ilmu al-Qur’an Putri.
Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah jenis penelitian kualitatif. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara kepada (Koordinator Tahsin, Pembina Tahsin, dan peserta didik Tahsin).
Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, penerapan baca tulis Al-Qur'an dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik Tahsin Pusat Pendidikan Ilmu Al-Qur’an Putri Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo menunjukkan hasil yang baik dengan menggunakan metode ceramah, metode jibril dan metode demonstrasi. Diantaranya juga menerapkan metode muraja’ah materi dan pemberian motivasi kepada peserta didik. Adapun faktor pendukung dalam penerapan baca tulis Al-Qur'an, yakni semangat yang tinggi dari peserta didik, keaktifan peserta didik dan pembelajaran yang menyenangkan, adapun faktor penghambat dalam penerapan baca tulis Al-Qur'an, yakni banyak peserta didik yang jenuh jika hanya menggunakan metode ceramah saja tanpa harus dipraktikkan, banyaknya peserta didik yang aktif di organisasi sekolah, kurangnya istiqomah dalam belajar mandiri dan kurangnya waktu dalam pembelajaran.
143306295 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain