Electronic Resource
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERTANYA PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH ALIYAH MIFTAHUL KHAIR ALASTENGAH BESUK PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2017-2018
Dalam meningkatkan kualitas pembelajaran didalam kelas, guru diharapkan menggunakan model pembelajaran yang tepat, karena selama ini guru belum menggunakan suatu model pembelajaran yang mampu menumbuhkan kemampuan bertanya peserta didik, sekaligus melatih dan mengembangkan kemampuan berbicara dan berpikir kritis di kelas. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan kemampuan bertanya siswa yaitu melalui metode atau model pembelajaran. Everyone Is A Teacher Here merupakan model yang mudah untuk memperoleh partisipasi kelas karena memberikan kesempatan kepada setiap peserta didik untuk menjadi guru bagi peserta didik lain. Model pembelajaran ini disesuaikan dengan tujuan yang ingin dicapai.
Rumusan masalah dalam penelitia nini: Pertama, Bagaimana implementasi model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here di MA Miftahul Khair?. Kedua, Apakah model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here dapat meningkatkan kemampuan bertanya peserta didik pada matapelajaran Fiqih di MA Miftahul Khair?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian ini adalah studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah guru Fiqih dan para siswa di MA Miftahul Khair. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data mengacu pada teknik analisa data model dari Milles dan Hubberman.
Sedangkan hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, implementasi model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here di MA Mifathul Khair Alastengah Besuk dapat dikatakan telah memenuhi prosedur dari tahapan demi tahapan dari langkah-langkah yang terdapat pada model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here. Kedua, Model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here di MA Mifathul Khair Alastengah Besuk memberikan peningkatan yang jauh lebih baik dalam menumbuhkan kemampuan bertanya peserta didik dalam pembelajaran. Hal ini dapat diketahui dan dilihat dari hasil belajar peserta didik saat pembelajaran berlangsung, yakni ketika guru meminta peserta didik untuk menanyakan perihal materi yang telah dijelaskan maka mereka pun akan bergantian untuk bertanya.
143306222 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain