Electronic Resource
EFEKTIFITAS PUBLIC RELATIONS DI DALAM MEMPENGARUHI MINAT SIMPAN PINJAM DI BMT NU CABANG WRINGIN BONDOWOSO
ABSTRAK
Husna, Raudatul, 2018, “ EFEKTIFITAS PUBLIC RELATIONS DIDALAM MEMPENGARUHI MINAT SIMPAN PINJAM DI BM NU CABANG WRINGIN BONDOWOSO’’. Prodi Ekonomi Syari’ah ( ES ), Fakultas Agama Islam, Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo, Pembingbing : (1) KH. Romzi Al-amiri Mannan, SH, M.Hi,. (II) : Musthofa Syukur M.Si
Kata Kunci : Public Relations, Minat simpan pinjam.
Koprasi jasa keuangan syari’ah baitul maal wat-tamwil nahdlatul ulamak adalah: salah satu koperasi yang awalnya bergerak di bidang suatu usaha simpan pinjam bagi anggotanya, semangat dan motivasi yang tinggi dari karyawan BMT NU untuk membantu masyarakat luas, dengan tujuan untuk mensejahterakan masyarakat kecil, agar bisa hidup lebih layak di era globalisasi pada zaman ini, koprasi BMT NU ini berdiri di tengah-tengah banyaknya pesaing, tetapi masih bisa menarik masyarakat untuk melakukan simpan pinjam di BMT NU, dikarenakan organisasi public relations yang diterapkannya dapat menambah relasi terhadap masyarakat luas.
Berdasarkan latar belakang penelitian ini diangkat untuk mengetahui : (1) Ada dan tidaknya pengaruh Public Relations (X) terhadap minat simpan pinjam di BMT NU Cabang Wringin (Y), (II) Besar tingkat pengaruh Public Relations (X), Terhadap minat simpan pinjam di BMT NU Cabang Wringin (Y), Tujuan yang ingin dicapai oleh peneliti adalah: Untuk mengetahui secara jelas tentang adanya pengaruh Public Relations didalam menarik minat masyarakat untuk melakukan simpan pinjam di BMT NU Cabang Wringin Bondowoso. Dan Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh public relation terhadap minat simpan pinjam di BMT NU cabang Wringin Bondowoso.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah : Metode kuantitatif Somer’D dengan jenis data ordinal, Teknik pengambilan sample dari penelitian ini adalah Stratifed Profisional sampling, instrumen yang digunakan adalah angket kuesioner, dengan 15 pertanyaan yang harus dijawab oleh responden, Total populasi dari penelitian ini adalah : sebanyak 700 responden dari masyarakat Wringin yang kemudian dari masing-masing di ambil 10% maka sample berjumlah 70 responden, teknis analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian ini adalah : analisis korelasi non parametrik dengan menggunkan bantuan SPSS 16.
Kesimpulan dari hasil metode Somer’D dengan jenis data ordinal dapat dijawab dan dikatan Valid yaitu : adanya pengaruh Public Relations dibuktikan dengan Approx, Sig . 0.000 < dari 0.05 dan seberapa pengaruh Public Relations dibuktikan dengan Volue 0.537 > dari 0.05, dengan interpretasi “ Signifikan”
142801644 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain