Electronic Resource
Mananjemen Strategik Pendidikan Perspektif KH. Hasyim Asy'ari
Lembaga pendidikan Islam di Indonesia baik para pengelolanya dalam kondisi lemah dan tertinggal dalam memenuhi persaingan dan tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan budaya masyarakat. Hal tersebut disebabkan oleh pengelolaan yang kurang baik dan implementasi pengelolaan yang tidak maksimal. Oleh karena itu, diperlukan manajemen strategik pendidikan dan pemimpin puncak yang dapat memotori pengimplementasiannya dengan baik.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan karakteristik manajemen strategik pendidikan perspektif KH. Hasyim Asy’ari, dan mendeskripsikan tahapan manajemen strategik pendidikan perspektif KH. Hasyim Asy’ari.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini adalah studi kepustakaan (library research) dengan model pendekatan analisis isi deskriptif. Sumber data primer berasal dari data pustaka yang menjelaskan tentang KH. Hasyim Asy’ari dan sumber data sekunder adalah data pustaka yang mendukung penulis untuk melengkapi isi serta interpretasi dari data primer. Dalam hal ini, sumber data sekunder berupa data pustaka yang mendukung kajian tentang manajemen strategik pendidikan.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Karakteristik Manajemen strategik pendidikan KH. Hasyim Asy’ari adalah berorientasi kebaikan secara mutlak fiddunya hasanah wa fil akhiroh hasanah, bersifat ruhul jihad, berorientasi uswah hasanah, berorientasi ukhuwah Islamiyah wa ukhuwah wathaniyah wa ukhuwah basyariyah, Al-Muhafadzotu ‘ala al-Qodiim as-sholih wa al-akhdzu bi al-Jadid al-aslah, dan berorientasi ekonomi mandiri.
Tahapan manajemen strategik pendidikan menurut KH. Hasyim Asy’ari adalah analisis lingkungan, formulasi strategi, implementasi strategi, serta evaluasi atau pengendalian strategi.
143506342 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain