Perpustakaan Universitas Nurul Jadid Paiton-Probolinggo

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu
No image available for this title

Electronic Resource

PENERAPAN METODE JARIMATIKA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERKALIAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS III DI MI NURUR RAHMAH SAMBIRAMPAK LOR KOTAANYAR PROBOLINGGO

Kunni Najmatul Imaroh - Nama Orang;

Dalam pembelajaran, guru mempunyai tujuan agar materi pelajaran yang disampaikan dapat dipahami oleh seluruh siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pembelajaran jarimatika adalah metode mudah diterima dan dipahami karena cukup menarik, praktis, dan sederhana karena hanya menggunakan sepuluh jari tangan.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan proses pembelajaran serta kelebihan dan kekurangan metode jarimatika dalam meningkatan hasil belajar perkalian pada pembelajaran Matematika di MI Nurur Rahmah melalui penerapan metode jarimatika.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis penelitian studi kasus dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Maka dapat disimpulkan bahwa: (1) Penerapan metode jarimatika pada pembelajaran matematika di MI Nurur Rahmah Sambirampak Lor Kotaanyar Probolinggo adalah: membuat perangkat pembelajaran; guru memberika motivasi kepada siswa agar dapat menerima materi dengan baik; guru menjelaskan tujuan pembelajaran; guru menjelaskan konsep operasi hitung perkalian dasar (1-5); guru memperkenalkan dan menerapkan metode jarimatika. (2) Kelebihan dalam penerapan metode jarimatika dalam meningkatkan hasil belajar materi perkalian pada pembelajaran matematika kelas III di MI Nurur Rahmah adalah: siswa sangat antusias mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru; sangat sederhana dan fleksibel; siswa merasa lebih mudah dalam berhitung; siswa tidak merasa tegang saat pembelajaran; dapat mempraktikkan materi, tidak hanya terpacu pada buku atau teori saja; hasilnya tetap bisa dikatakan akurat; pembelajaran berhitung menjadi tidak membosankan. (3) Adapun kelemahan dalam penerapan metode jarimatika dalam meningkatkan hasil belajar materi perkalian pada pembelajaran matematika kelas III di MI Nurur Rahmah adalah: terdapat rumus-rumus atau konsep yang harus siswa pahami; tidak dapat diterapkan pada siswa yang memiliki kecacatan fisik pada jari.


Ketersediaan
14370635414 KUN p 354Perpustakaan Universitas Nurul JadidTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
14 KUN p 354
Penerbit
: ., 2018
Deskripsi Fisik
skripsi
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
Metode Jarimatika, Perkalian, Hasil Belajar
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Universitas Nurul Jadid Paiton-Probolinggo
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik