Electronic Resource
PENERAPAN METODE JARIMATIKA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERKALIAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS III DI MI NURUR RAHMAH SAMBIRAMPAK LOR KOTAANYAR PROBOLINGGO
Dalam pembelajaran, guru mempunyai tujuan agar materi pelajaran yang disampaikan dapat dipahami oleh seluruh siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pembelajaran jarimatika adalah metode mudah diterima dan dipahami karena cukup menarik, praktis, dan sederhana karena hanya menggunakan sepuluh jari tangan.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan proses pembelajaran serta kelebihan dan kekurangan metode jarimatika dalam meningkatan hasil belajar perkalian pada pembelajaran Matematika di MI Nurur Rahmah melalui penerapan metode jarimatika.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis penelitian studi kasus dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Maka dapat disimpulkan bahwa: (1) Penerapan metode jarimatika pada pembelajaran matematika di MI Nurur Rahmah Sambirampak Lor Kotaanyar Probolinggo adalah: membuat perangkat pembelajaran; guru memberika motivasi kepada siswa agar dapat menerima materi dengan baik; guru menjelaskan tujuan pembelajaran; guru menjelaskan konsep operasi hitung perkalian dasar (1-5); guru memperkenalkan dan menerapkan metode jarimatika. (2) Kelebihan dalam penerapan metode jarimatika dalam meningkatkan hasil belajar materi perkalian pada pembelajaran matematika kelas III di MI Nurur Rahmah adalah: siswa sangat antusias mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru; sangat sederhana dan fleksibel; siswa merasa lebih mudah dalam berhitung; siswa tidak merasa tegang saat pembelajaran; dapat mempraktikkan materi, tidak hanya terpacu pada buku atau teori saja; hasilnya tetap bisa dikatakan akurat; pembelajaran berhitung menjadi tidak membosankan. (3) Adapun kelemahan dalam penerapan metode jarimatika dalam meningkatkan hasil belajar materi perkalian pada pembelajaran matematika kelas III di MI Nurur Rahmah adalah: terdapat rumus-rumus atau konsep yang harus siswa pahami; tidak dapat diterapkan pada siswa yang memiliki kecacatan fisik pada jari.
143706354 | 14 KUN p 354 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain