Electronic Resource
PENGARUH UNIT USAHA WADI'ATUL MAAL TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU KONSUMTIF SANTRI ( STUDY KASUS WILAYAH AL-HASYIMIYAH, PONDOK PESANTREN NURUL JADID PAITON PROBOLINGGO)
Dalam kehidupan sehari-hari, kita sebagai manusia tidak akan luput dari yang dinamakan kebutuhan hidup. Seiring dengan perkembangan zaman, manusia tidak lagi hanya memenuhi apa yang mereka butuhkan melainkan juga yang mereka inginkan, apalagi dengan adanya pasar bebas yang menjadikan gaya hedonisme sampai kepada seluruh penjuru dunia termasuk negara kita yang tercinta ini, juga kepada lingkup yang lebih kecil seperti sebuah pesantren. Gaya hidup seperti ini dapat menimbulkan adanya gejala konsumtifismme, sedangkan konsumtifisme dapat didefinisikan sebagai pola hidup individu atau masyarakat yang mempunyai keinginan untuk membeli atau menggunakan barang dan jasa yang kurang atau tidak dibutuhkan. Disamping itu sikap seseorang tidak mau ketinggalan dari temannya atau penyakit kultural yang disebut “ gengsi ” sering menjadi motivasi dalam memperoleh produk. Untuk itu perlu adanya solusi untuk memperkecil dampak yang terjadi akibat pole perilaku konsumtif tersebut. Salah satunya yaitu di dirikannya tempat penyimpanan uang yang biasa disebut wadi’atul maal dalam lingkungan pesantren.
Penulis bertujuan untuk meneliti adakah pengaruh unit usaha wadi’atul maal yang didirikan pesantren terhadap perubahan perilaku konsumtif para santri.
Untuk menjawab permasalahan tersebut digunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran angket, wawancara, observasi dan dokumentasi.
Maka dapat disimpulkan bahwa: (1) Unit Usaha Wadi’atul Maal memiliki pengaruh terhadap perubahan perilaku konsumtif santri Pondok Pesantren Nurul Jadid paiton probolinggo, Wilayah Al-Hasyimah dengan nilai kualifikasi yang cukup signifikan. (2) Dari analisis data yang yang peneliti lakukan tentang seberapa jauh pengaruh Unit Usaha Wadi’atul Maal terhadap perubahan perilaku konsumtif santri Pondok Pesantren Nurul Jadid paiton probolinggo, Wilayah Al-Hasyimah, peneliti menggunakan perhitungan product moment dan memperoleh korelasi sebesar 0,714.
142801700 | 14 CHO p 700 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain