Electronic Resource
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS DI MADRASAH ALIYAH NURUL JADID PAITON PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2017-2018
Pada dasarnya, dalam proses pembelajaran seorang guru dapat memilih dan menerapkan berbagai macam model pembelajaran yang sesuai, karena model pembelajaran yang tidak sesuai dapat mempengaruhi cara belajar dan hasil belajar siswa. Sering kali siswa tidak tertarik mengikuti pelajaran, salah satu penyebabnya adalah karena model pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang dapat membuat siswa aktif atau sering disebut dengan metode konvensional, sehingga menimbulkan rasa bosan/jenuh, bahkan sampai ada siswa yang mengantuk ketika kegiatan pembelajaran berlangsung, sehingga hal itu mengakibatkan keaktifan dan hasil belajar siswa menurun.
Dari permasalahan tersebut di atas, menjadi daya tarik tersendiri bagi penulis untuk mengkaji persoalan tersebut lebih jauh dalam bentuk karya ilmiah (skripsi) dengan objek penelitian model pembelajaran kooperatif tipe scramble yang telah diterapkan di Madrasah Aliyah Nurul Jadid. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui adakah pengaruh antara model pembelajaran kooperatif tipe scramble terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Aliyah Nurul Jadid, dan untuk mengetahui signifikansi pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe scramble terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis di Madrasah Aliyah Nurul Jadid.
Jenis penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif Pre-Exsperimen Design, yakni One Group Pretest-Posttest Design dengan teknik analisis datanya menggunakan rumus pre-test dan post-test one group design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa Madrasah Aliyah Nurul Jadid dengan jumlah populasi 224 siswa, sedangkan sampelnya mengambil 15% dari 229 sebanyak 33 siswa. Metode pengambilan sampelnya adalah Cluster Sampling.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai hitung/Sig.(2-tailed) sebesar 0,000. Jika dibandingkan dengan nilai kritik (0,05), maka diketahui nilai hitung lebih kecil dari nilai kritik yang berarti signifikan: 0,000 < 0,05 = Signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya model pembelajaran kooperatif tipe scramble berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran al-Qur’an hadits.
143306275 | 14 KUS p 275 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain