Electronic Resource
PERAN GURU SEBAGAI MOTIVATOR DALAM MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 2 PAITON TAHUN PELAJARAN 2017 2018
ABSTRAK
Mannania, Miratun. 2018. Peran Guru sebagai Motivator dalam Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di SMP Negeri 2 Paiton Tahun Pelajaran 2017-2018. Skripsi. Pendidikan Agama Islam Univeristas Nurul Jadid Probolinggo. Dosen Pembimbing: Abu Hasan Agus R., M.Pd.I Achmad Fawaid, MA, MA
Kata Kunci: Guru, Motivasi, dan Pembelajaran Agama Islam.
Proses belajar mengajar merupakan inti dari kegiatan pendidikan di sekolah. Disini guru sebagai pendidik memiliki peran yang sangat besar, disamping sebagai fasilitator dalam pembelajaran siswa juga sebagai motivator dan mengarahkan peserta didiknya sehingga mejadi manusia yang mempunyai pengetahuan luas baik pengetahuan agama, kecerdasan, kecakapan hidup, keterampilan, budi pekerti luhur dan kepribadian baik dan bisa membangun dirinya untuk lebih baik dari sebelumnya serta memiliki tanggung jawab besar dalam pembengunan bangsa. Kecenderungan siswa dalam proses belajar mengajar di SMPN 2 Paiton Probolinggo adalah siswa mempunyai semangat belajar yang rendah dengan tidak memperhatikan pembelajaran dan tidur dalam kelas saat pembelajaran sedang berlangsung. Oleh karena itu guru dituntut untuk menguasai macam-macam pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi dan siswa.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: Mendeskripsikan peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan semangat balajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Paiton Probolinggo. Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan guru PAI dalam memotivasi siswa di SMP Negeri 2 Paiton Probolinggo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu suatu prosedur penelitian yang mendeskripsikan perilaku orang, peristiwa, atau tempat tertentu secara rinci dan mendalam yakni dengan teknik penelitian: a) Observasi, b) Interview, dan c) Dokumentasi. Sedangkan analisis data yang bersumber dari Miles and Hubberman.
Berdasarkan hasil kegiatan pembelajaran peran Guru PAI dalam meningkatkan motivasi pembelajaran siswa di SMPN 2 Paiton, maka dapat diambil kesimpulan bahwa: Peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan semangat belajar siswa pada pembelajaran PAI di SMPN 2 Paiton Probolinggo ialah: Memberikan hadiah kepada siswa yang berprestasi, menciptakan lingkungan sekolah yang menyenangkan, mendorong siswa belajar secara individu atau kelompok, menumbuhkan semangat belajar. Faktor Penghambat dan Pendukung guru PAI dalam memotivasi siswa di SMP Negeri 2 Paiton Probolinggo adalah: Faktor Penghambat, terbatasnya buku pegangan siswa, dan antusiasme siswa yang rendah. Fatktor pendukung, Profesionalisme guru PAI yang sudah baik.
143306276 | 14 MIR p 276 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain